Kemenhub Resmikan 18 Pelabuhan di Pulau Sulawesi

By Admin


nusakini.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) hari ini, Minggu (15/5/2016) meresmikan 18 pelabuhan yang tersebar di Pulau Sulawesi. Peresmian ini dipusatkan di Pelabuhan Mantangisi, Kabupaten Tojo Una-Una, Sulawesi Tenggara dan diresmikan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Sugihardjo. Pengembangan 18 pelabuhan tersebut menghabiskan anggaran Rp 613 miliar

Belasan pelabuhan tersebut terdiri dari 4 pelabuhan di Provinsi Sulawesi Tengah, 5 pelabuhan di Provinsi Sulawesi Utara, 3 pelabuhan di Provinsi Sulawesi Tenggara, 3 pelabuhan di Provinsi Sulawesi Selatan, dan 1 pelabuhan di Provinsi Gorontalo. 

Empat pelabuhan di Sulawesi Tengah yang telah selesai dikembangkan, yaitu Pelabuhan Mantangisi, Pelabuhan Una-Una, Pelabuhan Bungku dan Pelabuhan Moutong. Mantangisi merupakan sebuah desa yang terletak di Kecamatan Ampana Tete, yang ditetapkan sebagai salah satu kawasan pengembangan industri di Kabupaten Tojo Una-Una.  

Untuk menunjang pengembangan kawasan industri tersebut, maka dikembangkanlah Pelabuhan Mantangisi yang ditetapkan hierarkinya sebagai Pelabuhan Pengumpan Lokal. Begitu juga pelabuhan lainnya seperti Pelabuhan Una-Una, Pelabuhan Bungku dan Pelabuhan Moutong diharapkan akan menunjang pengembangan kawasan industri dimaksud. 

Lima pelabuhan di Sulawesi Utara yang diresmikan yaitu Pelabuhan Laut Torosik, Pelabuhan Laut Tanjung Sidupa, Pelabuhan Laut Makalehi yang merupakan pelabuhan pengumpan regional serta Pelabuhan Laut Para dan Pelabuhan Laut Melonguane yang merupakan pelabuhan pengumpan lokal. 

Dengan diresmikan, kelima pelabuhan di Provinsi Sulawesi Utara diharapkan dapat meningkatkan konektivitas dan meningkatkan perekonomian di Provinsi Sulawesi Utara. 

Selanjutnya, di Provinsi Sulawesi Tenggara ada 3 pelabuhan yang telah selesai dibangun yaitu Pelabuhan Banabungi, Pelabuhan Wamengkoli, dan Pelabuhan Langara. 

Di Provinsi Sulawesi Selatan terdapat 3 pelabuhan yang dibangun yaitu Pelabuhan Balanglompo, Pelabuhan Sapuka, dan Pelabuhan Laut Maccini Baji, serta Provinsi Gorontalo ada 1 pelabuhan yaitu Pelabuhan Bumbulan. 

"Pembangunan infrastruktur pelabuhan ini juga sejalan dengan penerjemahan program Nawa Cita Indonesia Sentris, yang tidak lagi memusatkan pembangunan di Pulau Jawa, tetapi memprioritaskan pembangunan mulai dari kawasan pinggiran, daerah terluar, terdalam, terisolir, rawan bencana, dan mempunyai potensi ekonomi yang tinggi," Kata Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kemenhub, Hemi Pamuraharjo dalam keterangan tertulisnya, Minggu (15/5/2016). 

Dengan pembangunan infrastruktur pelabuhan tidak terkecuali di wilayah Sulawesi ini diharapkan akan memberikan efek ganda, tidak hanya mampu mampu memfasilitasi keterhubungan antar wilayah menjadi lebih efektif, efisien juga akan meningkatkan mobilisasi arus manusia dan arus barang di seluruh penjuru tanah air tetapi juga akan menggerakkan pertumbuhan ekonomi secara merata di semua wilayah.(mk)